16
May
09

Membandingkan Animo Penonton Bioskop di Jakarta dan Bioskop di Bandung

Kemarin saya dan pacar berniat nonton Angels and Demons. Rencananya, pacar akan menjemput begitu saya pulang kantor, dan tergantung dari jam berapa saya keluar, kit abisa nonton di Plaza Semanggi jam 17.45, atau di Setiabudi jam 18.45. Ternyata, saya baru keluar kantor jam 18.03, jadinya kita pun memilih di Setiabudi. Sampai sana, oh ternyata penuh. Oke, perjalanan pun diubah dnegan memilih Pejaten Village jam 20.30, biar pulangnya nggak terlalu jauh. Sampai sana jam 20.00, ternyata tiket pun dusah habis. Hmm, hari pertama pemutaran film ini ternyata cukup menarik animo penduduk Jakarta. Padahal di waktu bersamaan, teman saya ngesms, katanya di PVJ angels and demons kosong abis, oh nooooo, hahahaha, saya jadi pengen tinggal di Bandung lagi deh🙂

Kemudian saya ingat-ingat lagi, teman saya pernah cerita kalau ketika dia mau nonton The Fast and The Furious, antriannya bisa panjang banget buat dapet yang entah jam berapa. Saya juga ingat, dulu pernah pindah-pindah bioskop sampai 3 kali cuma buat nonton Laskar Pelangi (padahal udah beberapa minggu sejak pemutaran perdana).

Kalau dibandingkan, waktu jaman kuliah di Bandung, kayanya animo buat menonton film ketika baru mulai diputar, nampaknya lebih rendah. Buktinya, kalau mau menonton film di bioskop, kayanya saya belum pernah sesusah ini deh. Ya mungkin sekali-dua kali lah, tapi itu juga tidak separah di Jakarta, yang mana seringkali setiap mau menonton film, (terutama film yang baru diputar) tiket sudah habis.

Dugaan saya terhadap fakta ini ada beberapa:
1. Orang di Jakarta cenderung lebih butuh hiburan, sehingga begitu ada film baru keluar, langsung diburu sedemikian rupa.
2. Ini juga menyiratkan kebutuhan orang Jakarta untuk selalu up to date lebih tinggi. Secara habit menurut saya, orang Bandung lebih bisa menciptakan trend ketimbang orang Jakarta yang lebih cenderung mengikuti trend.
3. Di lain pihak karena seringkali film yang masuk ke Bandung lebih telat dari di Jakarta, bisa jadi orang Bandung yang tadinya mau nonton, jadi batal gara2 sudah mendapat rekomendasi dari rekannya yang berada di Jakarta.
4. Kalau diperhatikan, bioskop selalu berada di tempat pusat keramaian seperti mall. Nah, di Jakarta sendiri, posisi mall sebagai tempat berkumpul sangatlah vital. Sebagai tempat bersosialisasi, posisi mall di Jakarta memang belum tergantikan. Beda dengan di Bandung, di mana menurut saya, orang-orangnya lebih senang buat berkumpul di tempat-tempat nongkrong biasa, entah di rumah seseorang, atau di warung siapa. Ini berakibat, animo buat ke bioskop juga sedikit lebih rendah di Bandung dibandingkan di Jakarta.

Hauh, pemikiran yang sangat subjektif. Saya terlalu menggeneralisir nampaknya. Jadi kalau saya bilang “orang Jakarta”, berarti saya merefer ke “kebanyakan orang Jakarta”, hehehe…

Maaf kalau postingan ini bisa menyinggung, tapi ini hanya pemikiran saya. Just my 2 cents🙂 Ada yang punya pendapat lain? Silakan berbagi🙂

Cheers


1 Response to “Membandingkan Animo Penonton Bioskop di Jakarta dan Bioskop di Bandung”


  1. 1 Ayu
    May 23, 2009 at 8:18 am

    hahahahahaha.. dugaan2 lo lucu dan fresh dit. enihoy, menurut gw, orang bandung (as in orang Bandung kebanyakan) juga butuh hiburan banget. cuma animonya beda-beda tiap jenis (ababil kah, bapak2 ibu2 kah, dll). nah terus selera nonton orang Bandung kebanyakan juga aneh. gw rasa film baru (yang ga box office kyk Angels & Demons) suka telat masuk Bandung gara2 orang Bandung lebih suka nonton film horor atau film lokal ga jelas di bioskop.. atau karena udah noton dvd bajakan film baru tsb (kyk gw) :p and i wish i could go back working in Jkt; penuh ga penuh, film2nya lebih baru dan lebih cocok ama selera gw drpd di Bandung :))


Leave a Reply

May 2009
M T W T F S S
« Nov   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

ketinggalan sesuatu?

Blog Stats

  • 24,615 mari berhitung!

twitter.com/kotakmakan


